Laman

Rabu, 04 Juli 2012

Pagaralam Wisata yang Menakhjubkan

      Yang namanya selesai Ujian, selesai UTS, selesai Semesteran, atau apalah namanya, pastinya yang berhubungan dengan berakhirnya proses Kegiatan Belajar Mengajar. Usai proses tersebut tentunya kita menunggu waktu yang selama ini kita nantikan untuk merefresh kembali otak kita dari ribuan penatnya pekerjaan ataupun tugas-tugas yang pernah mampir setiap harinya, yaitu yang sering kita sebut dengan "LIBURAN"
         Siapa sih yang tidak kenal ataupun tidak setuju dengan LIBURAN,,, ???
         Kita semua pasti setuju dan mengenal baik kata-kata itu kan,,, ???
Mulai dari usia anak-anak, remaja bahkan usia dewasa pun mendambakan yang namanya "LIBURAN".
Berbicara tentang liburan, banyak sekali lokasi liburan yang bersarang di otak yang ingin kita kunjungi. Banyak diantara kita yang berangan-angan atau pun berencana untuk berkunjung ketempat wisata yang menarikk dan terkenal khususnya di wilayah Indonesia sendiri bahkan sampai ke luar negri sekalipun, saya pun berangan-angan demikian.
          "Kapan yaaaa saya bisa kesana,,, ???"
Bisa menjelajahi dan menikmati keindahan alam yang sangat menarik, dan hati pun pasti menjawab,,,
        "Saya pasti bisa kesana kapan saja saya mau, jika bukan sekarang mungkkin di lain waktu yang lebih memungkinkan", karena setiap manusia mempunyai mimpi-mimpi yang ingin diwujudkan.
         Naaach, bagi kita yang ingin mengisi liburan bersama teman, sahabat ataupun keluarga, namun belum punya waktu ataupun belum bisa liburan ketempat yang kita inginkan ataupun tempat terkenal lainnya, jangan bersedih dulu, karena kitamasih bisa menggunakan fasilitas alam yang ada di dalam kota kita sendiri yang mungkin biayanya masih bisa terjangkau tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, dimana lagi kalau bukan di PAGARALAM, kota sejuk nan indah dengan panorama alam yang menakhjubkan.
       Daripada kebanyakan cerita, mendingan kita lihat n simaklah objek wisata Pagaralam yang bisa kita kunjungi kapan saja kita mau.


                                                  Gunung Dempo
        Siapa sih yang tidak pernah mendengar Gunung Dempo,,, ???. Tentunya kita sering mendengar nama itu kan,,, ???, sebuah gunung yang terletak di Sumatera Selatan, tepatnya di kota Pagaralam dengan ketingggian mencapai 3159mdpl. Sebuah panorama alam dengan hamparan kebun teh yang menghijau yang tak kalah menariknya dengan perkebunan teh yang ada di kota Bogor.

Villa Gunung Gare
        Selain hamparan kebun teh yang menghijau, Pagaralam juga dilengkapi dengan villa-villa yang menarik untuk ditempati bersama teman, sahabat dan keluarga guna menciptakan sebuah kebersamaan yang di dukung oleh suasana yang nyaman, sejuk, dan jauh dari polusi udara yang berlebihan, membuat liburan kita akan terasa menyenangkan dan meninggalkan sebuah kenangan tersendiri.

Pabrik Teh
    Dimana ada perkebunan teh, pastinya ada pabrik tehnya juga. Gambar di atas menunjukkan sebuah Pabrik Pengolahan Teh Gunung Dempo, PT. Perkebunan Nusantara VII. Pabrik tersebut adalah tempat yang digunakan untuk mendukung proses pembuatan dan pengolahan teh dengan kualitas yang tinggi.

Tugu Bunga Kecubung
     Gambar di atas merupakan Tugu Bunga Kecubung yang terletak di sekitar Vill Gunung Gare. Tugu tersebut melambangkan bahwa Pagaralam adalah kota bunga, berbagai macam bunga tumbuh denngan suburnya di kota yang sejuk ini. Tidak hanya bunga, tetapi buah dan sayuran pun tumbuh dengan suburnya, sehingga menambah keelokkan kota Pagaralam.

Tangga 2001 atau Tangga Seribu
   Ada satu objek wisata lagi yang terletak di Pagaralam tepatnya di Gunung Gare yaitu di tengah-tengah hamparan hijau kebun teh. Tempat ini dinamakan Tangga 2001 atau banyak orang yang menyebutnya sebagai Tangga Seribu. Entah kenapa dinamakan sebagai Tangga Seribbu. Sejauh mata memandang, jumlahnya tidak sampai seribu anak tangga. Di dekat Tangga Seribu ini terdapat sebuah tanah lapang yang cukup luas yang digunakan sebagai tempat pendaratan untuk Paralayang.

Tugu Rimau
    Tugu Rimau merupakan tempat yang paling tinggi di kawasan Gunung Dempo, yang lebih tepatnya sebagai perbatasan sebelum menuju puncak. Lokasi Tugu Rimau ini bisa dicapai dengan menggunakan mobil ataupun motor, tapi klau ada yang berminat untuk mengendarai sepeda atau jalan kaki sangat diperbolehkan untuk melakukannya  ^_^. Tugu Rimau ini merupakan salah satu maskot PON XVI pada tahhun 2004.

Air Terjun Lematang Indah
     Air Terjun Lematang Indah terletak di tepi jalan pinggiran kota Pagaralam. Letaknya yang sangat strategis membuat setiap orang ingin selalu menyempatkan diri untuk mampir, mandi, ataupun hanya sekedar untuk berfoto bersama sebagai kenang-kenangan. Untuk mengunjungi objek wisata ini perlu melewati jalan yang berliku yang begitu ekstrim dan berpagarkan jurang-jurang yang sangat curam dan dalam.

Cughup Mangkok
      Cughup Mangkok ini merupakan salah satu air terjun yang ada di Pagaralam, yang mengalir melewati bebatuan besar dan dikelilingi oleh pepohonan yang membuatnya sangat sejuk dan indah dipandang. Dikatakan sebagai Cughup Mangkok mungkin karena bentuk tempatnya yang menyeruapai sebuah mangkok yang menampung air terjun ini. Untuk menuju objek wisata yang satu ini sudah sangat mudah karena jalan yang dilewati adalah jalan beraspal yang sudah bagus dan kendaraan pun sudah bisa masuk ke area Cughup Mangkok ini.

Cughup Embun
         Air Terjun yang satu ini dinamakan Cughup Embun, yang terletak beberapa kilometer setelah Cughup Mangkok. Berbeda dengan Cughup Mangkok, Cughup Embun ini memiliki keunikan tersendiri yang terdiri dari tiga air terjun yang mengalir begitu derasnya ketika musim hujan tiba, namun dimusim kemaraupun cughup ini masih memberikan kesejukan tersendiri. Untuk sampai ke Cughup Embun ini para pengunjung harus menelusuri anak tangga, naach bagi yang tidak sanggup menuruni anak tangganya yang lebih dari seratus anak tangga, jangan coba-coba untuk menuruni anak tangga untuk menikmati air terjun dari dekat karena nantinya akan kesulitan di saat akan menaiki anak tangga.

                                          Cughup 7 Kenangan
          Air Terjun ini dinamakn Cughup 7 Kenangan. Letaknya beberapa kilometer dari Cughup Embun. Untuk sampai ke Cughup ini harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak yang di kelilingi oleh kebun kopi milik warga sekitar. Berbeda dengan cughup yanglainnya, Cughup ini lebih banyak terdapat bebatuan-bebatuan yang besar.
           Selain objek wisata di atas, ada banyak lagi tempat wisata-wisata lain di Pagaralam yang masih bisa kita kunjungi dan kita nikmati keindahannya. Kalau kalian memilih Pagaralam sebagai tempat untuk berlibur bersama teman, sahabat, dan keluarga, dijamin tidak akan pernah menyeseal deeeech dan pasti kalian akan ketagihan untuk mengunjungi Kota Pagaralam.

Selamat Menikmati Liburan Panjang.......... ^_^





Tidak ada komentar:

Posting Komentar